Selasa, 02 September 2014

Babi Guling

Berbicara Babi guling / Be Guling, saya rasa semua orang sudah tau apa yang dimaksud....
WOW....sungguh nikmat rasanya jika sekarang kita bahas salah satu makanan khas Bali yang satu ini sambil menikmati sepiring Be-Guling + Es Jeruk Nipis..mantap ya.....
Bagi yang suka melakukan traveling, biasanya tujuan utama yang ingin dirasakan dari tempat yang dituju adalah : pertama makanan khas, kemudian tempat wisata trus yang terakhir adalah oleh-oleh khas daerah tersebut..
Bagi yang suka ke Bali, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Be-Guling.. Makanan khas yang berbahan dasar daging Babi utuh tanpa ada jeroan apapun itu yang ada dalam perutnya, hanya daging dan tulang saja yang sebelumnya sudah dibersihkan dan bebas dari kotoran maupun sisa bulu-bulu dan dimasak dengan menggunakan panas api (bukan api langsung).
Warna orange kemerahan yang menantang lidah kita untuk menikmati setiap bagian-bagian kulitnya yang sangat renyah seperti kerupuk. Rasanya yang khas dengan ciri khas Gurih dan tidak bisa ditemukan di bahan makan lain membuat lidah kita ingin terus merasakannya..
Potongan kulitnya yang berisi daging membuat nafsu untuk menikmatinya semakin membara (lebay dikit),  penyajiannya yang sangat simple semakin membuat makanan ini sangat menarik untuk segera dinikmati, 2 sendok nasi hangat, lawar, daun singkong bumbu, sambel matah khas bali sudah sangat cukup membuat makanan ini menggugah selera.
Komposisi hidangan ini secara umum biasanya :
  1. Nasi hangat
  2. Potongan urutan (akan dibahas nanti)
  3. Daging mesisit
  4. Jeroan goreng
  5. Lawar
  6. Kulit Be-Guling 
  7. Taburan bumbu khas bali
  8. Ada juga tambahan kacang tanah goreng
  9. tidak ketinggalan juga biasanya dihidangkan dengan Komoh/ Jukut Ares
  10. Minuman (sesuai selera)
Rasa dari masing2 hidangan ini memiliki rasa yang sangat khas... yang tidak bisa disamakan rasanya.
Untuk menikmati seporsi Be Guling tidaklah mahal... mulai 15 ribuan sudah bisa dinikmati.. meskipun ada juga rumah makan yang menjualnya seharga 50 ribuan 1 porsi tentunya dengan porsi yang bermacam2..
Jika yang belum pernah merasakannya dan masih penasaran silahkan untuk mencobanya...
Tidaklah sulit untuk mendapatkan makanan ini, diBali hampir dimana-mana ada dijual diwarung-warung makan dipinggir jalan...

Note : makanan ini khusus bagi yang boleh dan mau memakannya...

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar